21 Jul

Struktur

Job Description Struktur STIKes Syuhada Padangsidimpuan

Ketua STIKES

Ketua STIKES mempunyai tugas:

  1. Melaksanakan, mengorganisir, mengawasi dan mempertanggung jawabkan semua program yang telah ditetapkan oleh Yayasan.
  2. Mengorganisir, mengawasi dan mempertanggungjawabkan barang inventaris yang ada di STIKES.
  3. Mengkoordinir dan mengendalikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab bawahan berdasarkan semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh Yayasan.
  4. Melaksanakan kontroling (sebagai fungsi kontrol) terhadap semua kinerja karyawan maupun dosen yang ada mengenai kedisiplinan, dedikasi, loyalitas dan kreatifitas kerja terhadap tugas-tugas yang diberikan.
  5. Mengadakan penilaian atas prestasi kerja karyawan yang meliputi kedisiplinan, dedikasi, loyalitas, kredibilitas dan kreativitas kerja untuk disampaikan kepada Yayasan.
  6. Mengusulkan rencana program pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pembinaan civitas akademika dan tugas administrasi serta hubungan dengan lingkungan dengan cara mempelajari perkembangan ilmu dan teknologi, visi dan misi STIKES. Kebutuhan civitas akademic, masyarakat dan laporan tahunan STIKES tahun sebelumnya serta menganalisis dan membahas rancangan yang disusun oleh Pembantu Ketua (Puket) I dalam rapat dengan para Puket, ketua kelompok dosen, staff sub bagian dan staf bagian untuk disampaikan kepada Yayasan.
  7. Mengusulkan rencana belanja dengan cara mempelajari rencana program dan laporan tahunan tahun sebelumnya, menganalisis dan mambahas rancangan yang disusun oleh Puket II dalam rapat dengan para Puket, ketua kelompok dosen, staf sub bagian dan bagian untuk disampaikan kepada Yayasan.
  8. Mengsulkan RPK(Rencana Pelaksanaan Kegiatan) dengan cara menganalisis dan membahas rancangan yang disusun oleh Puket II dalam rapat dengan para Puket dan staf sub bagian dan staf bagian, menyesuaikan dengan rencana program dan alokasi anggaran STIKES, agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
  9. Mengusulkan pengembangan STIKES sesuai dengan pengembangan ilmu dan teknologi, visi dan misi serta kebutuhan civitas akademika dan masyarakat dengan cara menganalisis dan membahas rancangan yang disusun oleh Puket II dan disampaikan kepada Yayasan.
  10. Mengusulkan kebijakan tentang pengembangan kecakapan dan kepribadian civitas akademika dengan cara menganalisis dan membahas  rancangan yang disusun oleh Puket III dalam rapat senat dalam rangka pembinaan civitas akademika.
  11. Mengusulkan kebijakan tentang peraturan tentang pelaksanaan akademika, kebebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan secara terpadu dengan cara menganalisis dan membahas rancangan yang disusun oleh Pudir III dalam rapat staf.
  12. Mengusulkan kebijakan di bidang pembinaan kemahasiswaan dan regristrasi mahasiswa secara terpadu dengan cara menganalisis dan membahas ran cangan yang disusun oleh Puket III dalam rapat dengan para Puket, staff sub bagian dan staff bagian dalam rangka peningkatan manajemen terpadu STIKES.
  13. Mengusulkan kebijakan di bidang peraturan pelaksanaan penggunaan unti penunjang secara terpadu dengan cara menganalisis adan membahas rancangan yang disusun oleh para Pudir dalam rapat dengan para Puket, Staf sub bagian dan Staf Bagian dalam rangka peningkatan manajemen terpadu STIKES.
  14. Mengusulkan kebijakan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu dengan cara menganalisis dan membahasa rancangan yang disusun oleh Pudir I dalam rapat dengan para Pudir, Staf Sub bagian dan Staf bagian dalam rangka peningkatan manajemen terpadu STIKES.
  15. Mengusulkan kebijakan Ketua STIKES di bidang administrasi umum daan kepegawaian, keuangan dan akademik secara terpadu dengan cara menganalisis dan membahas dalam rapat dengan para Pudir, Staf sub bagian dan Staf bagian, rancangan yang disusun oelh Puket II untuk diproses sesuai dengan peraturan Yayasan, dalam rangka peningkatan manajemen terpadu Akademi.
  16. Mengusulkan informasi kepegawaian sesuai dengan sistem informasi kepegawaian, berdasarkan rancangan yang disusun oleh Puket II, disampaikan kepada Yayasan.
  17. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian jabatan di lingkungan STIKES (selain jabatan Ketua) dengan cara menganalisis dan pembahasan dalam rapat senat terhadap rancangan yang disusun oleh Puket II dan disampaikan kepada Yayasan.
  18. Mengusulkan mutasi pegawai dengan cara menganalisis dan pembahasan dalam rapat dengan para Puket, ketua kelompok dosen, Staf sub bagian dan Staf bagian, terhadap rancangan usulan yang disusun oleh Puket II, untuk disampaikan kepada Yayasan.
  19. Mengusulkan mutasi pegawai ke luar lingkungan STIKES, pengembangan  pegawai, pemberhentian dan pensiun pegawai Akademi  dengan cara menganalisis dan pembahasan dalam rapat dengan para Pudir, Staf sub bagian dan Staf bagian, terhadap rancangan usulan yang disusun oleh Puket II, untuk disampaikan kepada Yayasan.
  20. Mengusulkan pengadaan, pemeliharaan, perbaikan dan penghapusan barang milik/ kekayaan Yayasan secara terpadu dengan cara menganalisis dan pembahasan dalam rapat dengan para Puket, Staf sub bagian dan Staf bagian, terhadap rancangan usulan yang disusun oleh Puket II, untuk disampaikan kepada Yayasan.
  21. Menyampaikan Laporan Hasil Tindak lanjut(LHP) untuk disampaikan kepada Yayasan, dengan cara menganalisis rancangan laporan yang disusun oleh Puket II dan mengadakan pertemuan dengan pegawai atau pimpinan unit kerja terkait di lingkungan Akademi yang terkena Laporan Hasil Tindak lanjut (LHP)/ melaksanakan koordinasi dengan Yayasan sesuai dengan permasalahan, agar permasalahan tidak terulang lagi.
  22. Mengusulkan LMBT (Laporan Mutasi Barang inventaris, laporan bulanan, dan Triwulan inventaris)/LTI.  LTI Akademi dengan cara menganalisis rancangan yang disusun oleh Puket II untuk disampaikan kepada Yayasan.
  23. Melaksanaan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan dengan cara menganalisis laporan eksekutif dari para Puket, Ketua kelompok Dosen, Staf Sub bagian dan Staf Bagian dan atau melalui rapat yang dilaksanakan di Direktorat dan atau di unit kerja terkait, melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait.
  24. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan cara menganalisis laporan bulanan dan semesteran para Pudir, Ketua kelompok Dosen, Staf Sub bagian dan Staf Bagian, peninjauan ke unit terkait, dan atau melalui rapat yang dilaksanakan di Direktorat dan atau di unit kerja terkait.
  25. Menyampaikan laporan eksekutif dengan cara mempelajari hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan menganalisis rancangan laporan eksekutif yang disusun oleh Puket II untuk disampiakn kepada Yayasan agar permasalahan dapat diselesaikan dengan segera.
  26. Menyampaikan laporan bulanan, semesteran dan tahunan Akademi dengan cara menganalisis dan pembahasan dalam rapat dengan   para Puket, Staf Sub bagian dan Staf Bagian, terhadap rancangan yang disusun oleh Puket II, untuk disampaikan kepada Yayasan.
  27. Menyampaikan Laporan Akhir Kegiatan Pendidikan (LAKIP) sesuai dengan pedoman penyususnan LAKIP dengan cara mengkaji rancangan yang disusun oleh Puket II dan pembahasan dalam rapat dengan para Puket, Staf Sub bagian dan Staf Bagian, terhadap rancangan yang disusun oleh Puket II, untuk disampaikan kepada Yayasan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Senat Akademik

Senat Akademik mempunyai tugas:

  1. Merumuskan kebijaksanaan penilaian prestasi akademik dan pengembangan akademi.
  2. Merumuskan kebijaksanaan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian civitas akademika.
  3. Merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan program pendidikan, penelitian dan pemberian kepada masyarakat.
  4. Memberikan keputusan berdasarkan rencana anggaran pendapatan dan belanja akademi yang diajukan oleh pimpinan akademi.
  5. Menilai pertanggungjawaban direktur berdasarkan pelaksanaan kebijaksanaan yang telah ditetapkan.
  6. Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, mimbar akademik, dan otonomi keilmuan Akademi.
  7. Memberikan pertimbangan kepada badan penyelenggara pendidikan terhadap calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Ketua STIKES.
  8. Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi civitas akademika.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembantu Ketua I

Pembantu Ketua I  mempunyai tugas:

  1. Menyusun Dokumen Kebijakan Akademik.
  2. Menyusun perencanaan kerja beserta proyeksi anggaran biayanya baik rencana jangka panjang (5 tahun), jangka menengah (3 tahun), maupun jangka pendek (tahunan) di bidang akademik sesuai dengan Rencana Strategis dan Rencana Induk Pengembangan (RIP).
  3. Menyusun indikator kinerja bidang akademik dalam 1 semester dan 1 tahun akademik yang gayut dengan perencanaan bidang akademik.
  4. Menyusun Kalender Akademik dalam 1 (satu) tahun akademik yang disinkronisasikan dengan kalender akademik dari masing-masing program studi di lingkungan STIKES.
  5. Mensosialisasikan Kalender Akademik kepada seluruh sivitas akademika STIKES dan pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholder) secara terbuka dan berkesinambungan
  6. Merumuskan kebijakan di bidang akademik yang dituangkan dalam berbagai pedoman atau panduan kegiatan akademik antara lain meliputi Panduan Akademik STIKES, SOP setiap kegiatan akademik di lingkungan STIKES, Kode Etik Dosen, Panduan PBM Berpusat Mahasiswa, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah/Skripsi, dan pedoman/panduan lainnya yang terkait.
  7. Memberikan tugas dan arahan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis di bidang akademik (Program Studi, LPPM, UPT Perpustakaan, dan UPT Laboratorium) dalam setiap pelaksanaan kegiatannya.
  8. Mengkoordinasikan penyelenggaraan setiap kegiatan akademik baik yang bersifat bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan.
  9. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan akademik, baik yang dilaksanakan oleh Program Studi, LPPM, UPT Perpustakaan, dan UPT Laboratorium.
  10. Mengevaluasi dan memvalidasi pengisian Laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) yang dikoordinasikan Kepala BAAK pada setiap akhir semester.
  11. Menyusun laporan akhir pelaksanaan kegiatan akademik serta pertanggungjawaban keuangan yang disampaikan secara periodik dan berkelanjutan kepada Ketua STIKES.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas di dalam ruang lingkup pengembangan suasana akademik atau kegiatan institusi lainnya.
  13. Mewakili Ketua STIKES untuk menghadiri berbagai kegiatan institusional, baik internal maupun eksternal, jika yang bersangkutan berhalangan hadir.

 

 

 

 

 

 

Pembantu Ketua II

Pembantu Ketua II mempunyai tugas:

  1. Menyusun Dokumen Kebijakan di bidang Keuangan, Kepegawaian, dan Administrasi STIKES.
  2. Menyusun perencanaan kerja beserta proyeksi anggaran biayanya baik rencana jangka panjang (5 tahun), jangka menengah (3 tahun), maupun jangka pendek (tahunan) di keuangan, kepegawaian, dan administrasi sesuai dengan Rencana Strategis dan Rencana Induk Pengembangan (RIP).
  3. Menyusun indikator kinerja bidang administrasi umum, keuangan, dan kepegawaian STIKES dalam 1 semester dan 1 tahun akademik yang gayut dengan perencanaan bidang akademik dan kemahasiswaan.
  4. Merumuskan kebijakan di bidang non-akademik akademik yang dituangkan dalam berbagai pedoman atau panduan.
  5. Memberikan tugas dan arahan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis di bidang administrasi umum, keuangan, dan kepegawaian (Program Studi, LPPM, UPT Perpustakaan, dan UPT Laboratorium) dalam setiap pelaksanaan kegiatannya.
  6. Mengkoordinasikan penyelenggaraan setiap kegiatan di bidang administrasi umum, keuangan dan kepegawaian, baik yang bersifat bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan.
  7. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum, keuangan dan kepegawaian, baik yang dilaksanakan oleh Program Studi, LPPM, UPT Perpustakaan, dan UPT Laboratorium.
  8. Menyusun laporan akhir pelaksanaan kegiatan non-akademik serta pertanggungjawaban keuangan yang disampaikan secara periodik dan berkelanjutan kepada Ketua STIKES.
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas di dalam ruang lingkup pengembangan suasana akademik atau kegiatan institusi lainnya.
  10. Mewakili Ketua STIKES untuk menghadiri berbagai kegiatan institusional, baik internal maupun eksternal, jika yang bersangkutan berhalangan hadir dalam bidang umum, administrasi keuangan dan kepegawaian.
  11. Bertindak sebagai pembantu umum di lingkungan STIKES.
  12. Membantu kelancaran operasional di lingkungan STIKES dan tugas-tugas lain yang bersifat umum.
  13. Mengusulkan tersedianya sarana dan prasarana
  14. Melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana.
  15. Melakukan kodifikasi sarana dan prasarana.
  16. Membantu akreditasi terkait dengan tugas dan kewenangannya.
  17. Melakukan inventarisasi/ pendokumentasian sarana dan prasarana.
  18. Membuat RAP Tahunan sarana dan prasarana untuk disampaikan kepada pimpinan.

 

 

 

Pembantu Ketua III

Pembantu Ketua III mempunyai tugas:

  1. Menyusun perencanaan kerja beserta proyeksi anggaran biayanya baik rencana jangka panjang (5 tahun), jangka menengah (3 tahun), maupun jangka pendek (tahunan) di bidang kemahasiswaan sesuai dengan Rencana Strategis dan Rencana Induk Pengembangan (RIP).
  2. Membuat kalender kegiatan kemahasiswaan dalam 1 (satu) tahun akademik yang disinkronisasikan dengan kalender akademik dari masing-masing program studi di lingkungan STIKES.
  3. Mensosialisasikan kalender kegiatan kemahasiswaan dalam satu tahun akademik kepada seluruh civitas akademika STIKES dan pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholder) secara terbuka dan berkesinambungan.
  4. Merumuskan kebijakan di bidang kemahasiswaan yang dituangkan dalam berbagai pedoman atau panduan kegiatan kemahasiswaan antara lain meliputi kebijakan rekrutmen mahasiswa baru, program pengenalan perguruan tinggi (P3T), penegakkan kode etik mahasiswa dan peraturan lainnya, pengembangan portofolio kemahasiswaan, pemberian beasiswa, bimbingan dan konseling kemahasiswaan, pelatihan softskills, sistem pembinaan asrama mahasiswa, dan lain sebagainya.
  5. Memberikan tugas dan arahan kepada seluruh organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) yang ada di lingkungan kampus STIKES (BEM, Kongres Mahasiswa, UKM, dan lain-lain) dalam setiap pelaksanaan kegiatannya.
  6. Mengkoordinasikan keikutsertaan delegasi mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi akademik maupun non-akademik sesuai dengan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.
  7. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan kampus yang melibatkan peran serta aktif mahasiswa baik sebagai pelaksana maupun sebagai peserta/pengikut kegiatan yang mendorong perwujudan suasana kampus yang dinamis dan suasana akademik yang kondusif menuju Trisukses Mahasiswa STIKES: Sukses Belajar, Sukses Berorganisasi, dan Sukses Berkarir.
  8. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan baik yang dilaksanakan oleh subbag kemahasiswaan maupun oleh organisasi-organisasi kemahasiswaan, baik yang bersifat mandiri maupun bekerjasama dengan organisasi eksternal/pihak ketiga lainnya (sponsorship, dll).
  9. Menyusun laporan akhir pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan serta pertanggungjawaban keuangan yang disampaikan secara periodik dan berkelanjutan kepada Ketua STIKES.
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas di dalam ruang lingkup kemahasiswaan atau kegiatan institusi lainnya.
  11. Mewakili Ketua STIKES untuk menghadiri berbagai kegiatan dalam bidang kemahasiswaan apabila berhalangan hadir.

 

 

 

Ketua Program Studi

Tugas dari ketua prodi adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun program kerja dan anggaran tahunan program studi.
  2. Melaksanakan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya.
  3. Mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, kegiatan kemahasiswaan, dan kerjasama pada lingkup program studi.
  4. Melaksanakan pembinaan civitas akademika pada tingkat program studi.
  5. Melaksanakan urusan tata usaha pada tingkat program studi.
  6. Menyusun dan menyampaikan laporan tahunan program studi kepada ketua STIKES.
  7. Mewakili program studi dalam rapat-rapat dinas di tingkat STIKES.
  8. Memimpin rapat program studi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekretaris Prodi

Tugas dari sekprodi adalah sebagai berikut:

  1. Membantu pelaksanaan tugas pokok ketua program studi.
  2. Merancang dan menyelenggarakan sistem kearsipan program studi.
  3. Menyusun data base program studi.
  4. Mendokumentasikan semua kegiatan program studi.
  5. Melakukan inventarisasi semua aset program studi.
  6. Menyusun laporan kegiatan program studi secara berkala.
  7. Mewakili program studi saat ketua program studi berhalangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Staff Pengajar (Dosen)

Staff pengajar mempunyai tugas:

  1. Membuat rencana jadwal mengajar setiap semester.
  2. Mengusulkan buku referensi pada mata kuliah yang diajar setiap semester.
  3. Membuat Silabus pada mata kuliah yang diajar setiap semester.
  4. Membuat RPS atau kontrak pembelajaran sesuai GBPP dan Silabus
  5. Membuat hand out/modul sesuai GBPP dan silabus.
  6. Membuat alat evaluasi setiap mata kuliah yang diajar.
  7. Melaksanakan pembelajaran sesuai  jadwal kuliah dan sesuai GBPP, silabus, dan hand out.
  8. Melaksanakan tugas sebagai wali studi pada mahasiswa.
  9. Melaksanakan tugas sebagai penanggung jawab mata kuliah.
  10. Melaksanakan pembelajaran praktikum sesuai kurikulum.
  11. Melaksanakan ketentuan pembelajaran.
  12. Melaksanakan ketentuan
  13. Melaksanakan ketentuan komputer, internet, dan bahasa.
  14. Melaksanakan ketentuan perpustakaan.
  15. Melaksanakan evaluasi pembelajaran sesuai GBPP, silabus, hand out.
  16. Memberikan feedback hasil evaluasi kepada mahasiswa.
  17. Melaksanakan bimbingan akademik kepada mahasiswa.
  18. Melaksanakan penelitian.
  19. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
  20. Membantu persiapan akreditasi.
  21. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  22. Melaporkan kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laboratorium

Bagian Laboratorium mempunyai tugas:

  1. Membuat jadwal praktik lab. skill semesteran pada mahasiswa.
  2. Membuat perencanaan kebutuhan sarana  praktik lab. skill semesteran pada mahasiswa.
  3. Membuat perencanaan-evaluasi praktik pada mahasiswa.
  4. Membuat pelaporan sarana praktik pada mahasiswa.
  5. Mengkoordinasikan program praktik lab. skill dengan Puket I.
  6. Membantu perencanaan dan pelaksanaan  akreditasi.
  7. Membuat ketentuan praktik lab. skill pada mahasiswa.
  8. Menjaga kualitas pelayanan inventaris laboratorium pada mahasiswa.
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh p
  10. Melaporkan kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.
  11. Menjaga kebersihan ruangan laboratorium.
  12. Melakukan perawatan alat dan bahan laboratorium.
  13. Melakukan kodif ikasi alat dan bahan laboratorium.
  14. Melakukan pendokumentasian/inventarisasi alat dan bahan laboratorium (keluar-masuk/ barang baru dan lama).
  15. Memberikan pelayanan kepada mahasiswi mengenai peminjaman alat dan bahan laboratorium.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Tata Usaha/SDM/Kepegawaian

Kepala Tata Usaha/ SDM/Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. Menyusun usulan rencana kegiatan pengelolaan dan pelayanan tata usaha dan kepegawaian dengan cara mempelajari perkembangan IPTEK, visi dan misi Akademi dan mengumpulkan dan mengolah serta menganalisa data rencana program terkait yang disusun oleh para Pudir, Staf sub bagian dan bagian serta mempelajari laporan-laporan tahunan Akademi dan Sub bagian serta bagian tata uasaha dan kepegawaian tahun sebelumnya, untuk disampaikan kepada pimpinan.
  2. Melayani kebutuhan surat-menyurat mahasiswa.
  3. Mendokumentasikan kurikulum meliputi GBPP, Silabus,RPP, Handout baik pada kuliah utama maupun semester pendek, Panduan akademik, pedoman skripsi, pedoman praktek lab. dan klinik.
  4. Mendokumentasikan instrumen evaluasi (UTS, UAS, Uji Perbaikan, uji lab Skil,Uji usulan penelitian, uji skripsi, Uji Praktik Klinik baik untuk uji utama maupun uji ulang.
  5. Mendokumentasikan kerangka acuan kerja praktik lab maupun klinik  meliputi TOR beserta lampirannya.
  6. Mendokumentasikan pelaksanaan kurikulum meliputi kalender akademik, jadual kuliah, daftar hadir kuliah, journal kuliah, jadwal UAS baik untuk pelaksanaan maupun pelaporan.
  7. Mendokumentasikan hasil evaluasi (UAS, Uji Perbaikan, uji lab Skill, Uji Praktek Klinik untuk uji utama maupun uji ulang.
  8. Mendokumentasikan data mahasiswa.
  9. Mendokumentasikan data Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap meliputi SK Rektor, Surat pernyataan kesediaan, biodata,  Foto copy ijazah, Transkrip mulai pendidikan Terakhir, Sertifikat pelatihan yang linier, Foto Copy KTP, Prodi Kebidanan (D-III)
  10. Mendokumentasikan Usulan Barang inventaris RKBU: rencana kebutuhan barang unit (nomor, nama barang, spesifikasi, satuan, jumlah, harga.
  11. Mendokumentasikan Barang inventaris.
  12. Mendokumentasikan usulan kebutuhan dana operasional.
  13. Mendokumentasikan LPJ dana operasional.
  14. Mendokumentasikan LPJ dana kegiatan setiap bulan.
  15. Mendokumentasikan hasil penelitian dosen.
  16. Mendokumentasikan hasil pengabdian masyarakat.
  17. Mendokumentasikan hasil pengembangan SDM meliputi tugas belajar, pelatihan, seminar, minilokakarya dll yang dilakukan  dosen.
  18. Mendokumentasikan Berkas Akreditasi.
  19. Mendokumentasikan perijinan, perpanjangan izin.
  20. Mendokumentasikan usulan Rencana Anggaran Pengeluaran Tahunan.
  21. Menggandakan KRS, bimbingan akademik, dan KHS mahasiwa.
  22. Mendokumentasikan tugas akhir usulan penelitian dan hasil penelitian KTI.
  23. Menerima laporan bulanan dari bagian Umum, Keamanan, Rumah tangga.
  24. Mendokumentasikan pelaporan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Pembantu Ketua II.
  25. Melakukan koordinasi dengan bagian-bagian lain.

 

Kepala Bagian Administrasi Akademik

Kepala Bagian Administrasi Akademik memiliki tugas:

  1. Siklus Tahunan
  2. Menyusun perencanaan kerja tahunan beserta proyeksi anggaran biayanya di bidang administrasi akademik sesuai dengan Rencana Strategis dan Rencana Induk Pengembangan (RIP).
  3. Berkoordinasi dengan Program Studi menyusun Kalender Akademik untuk 1 Tahun Akademik pada setiap awal tahun akademik;
  4. Berkoordinasi dengan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru untuk mempersiapkan administrasi akademik mahasiswa baru yang berupa menyiapkan SK PMB, membuat/menyusun Nomor Induk Mahasiswa (NIM), input data mahasiswa baru, dan Panduan Akademik bagi mahasiswa;
  5. Berkoordinasi dengan Program Studi untuk mempersiapkan administrasi akademik bagi calon lulusan yang berupa menyusun SK Panitia Ujian Akhir Program, SK Pembimbing KTI/Skripsi, SK Penetapan Penguji KTI/Skripsi, SK Yudicium, SK Panitia Wisuda, SK Penetapan Peserta Wisuda, menyiapkan transkrip akademik dan Ijazah bagi lulusan, serta melakukan legalisasi dokumen akademik lulusan.
  6. Merekapitulasi pencapaian Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari semua mahasiswa lengkap dengan analisis kuantitatif dan kualitatifnya untuk diserahkan kepada Unit Penjaminan Mutu melalui Pembantu Ketua I Bidang Akademik.
  7. Siklus Semesteran
  8. Berkoordinasi dengan Program Studi menyusun Kalender Akademik Semester Gasal/Genap dan jadwal perkuliahan.
  9. Berkoordinasi dengan Program Studi dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Rapat Dosen pada setiap awal semester dan Rapat Yudisium pada setiap akhir semester.
  10. Melakukan sosialisasi Heregistrasi secara terbuka kepada seluruh mahasiswa pada setiap akhir semester.
  11. Mempersiapkan Kartu Rencana Studi (KRS) pada setiap awal semester.
  12. Mencetak dan mendistribusikan Kartu Hasil Studi pada setiap akhir semester berdasarkan ketuntasan administrasi keuangan.
  13. Mempersiapkan administrasi akademik pada awal semester berupa penyiapan Daftar Hadir Mahasiswa dan Dosen (DHMD) untuk setiap mata kuliah pada semua jenjang, SK Penetapan Dosen Pengampu, SK Penetapan Dosen Wali, SK Penetapan Pembimbing Klinik.
  14. Menginput data nilai ujian dan data lainnya ke dalam Laporan feeder.
  15. Melakukan validasi internal laporan feeder.
  16. Melaporkan feeder ke LLDikti Wilayah I sesuai standar waktu yang telah ditentukan pada setiap akhir semester.
  17. Melakukan sosialisasi laporan feeder kepada Pimpinan dan Program Studi pada setiap akhir Semester.
  18. Siklus Triwulan
  19. Berkoordinasi dengan Program Studi mempersiapkan administrasi akademik pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) berupada Kartu Peserta Ujian (KPU), Daftar Hadir Mahasiswa, dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian.
  20. Melakukan monitoring pelaksanaan PBM melalui analisis ketepatan jadual perkuliahan sesuai kalender akademik
  21. Siklus Bulanan
  22. Melakukan updating feeder melalui download di forlap Dikti.
  23. Melaksanakan penataan dan pengarsipan administrasi akademik sesuai SOP.
  24. Berkoordinasi dengan Program Studi melaksanakan sosialisasi kegaiatan akademik yang dilaksanakan Program Studi.
  25. Mempersiapkan naskah MoU dengan mitra STIKES dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma PT.
  26. Mempersiapkan pelaksanaan Rapat Koordinasi Akademik setiap minggu pertama pada setiap bulannya.
  27. Membuat laporan/berita acara/notulensi Rapat Koordinasi Akademik
  28. Siklus Harian dan Mingguan
  29. Memberikan pelayanan administrasi akademik kepada mahasiswa yang berupa Surat Keterangan Kuliah, Surat Ijin Penelitian, Surat Pemberitahuan Ujian, dan surat-surat lainnya yang berkaitan dengan bidang akademik dan kemahasiswaan.
  30. Melaksanakan penataan sistem administrasi surat-menyurat di bidang akademik.
  31. Melakukan download surat-surat dan aturan-aturan terbaru dari website Dikti dan kemudian dikompilasi serta dilaporkan kepada Pembantu Ketua I Bidang Akademik.
  32. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas di dalam ruang lingkup kemahasiswaan atau kegiatan institusi lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Bagian Administrasi Keuangan

Bagian keuangan mempunyai tugas:

  1. Membuat perencanaan penerimaan  setiap tahun ajaran.
  2. Membuat perencanaan pengeluaran setiap tahun ajaran.
  3. Melakukan penertiban pembayaran mahasiswa secara berkala.
  4. Membuat pengajuan biaya operasional secara berkala.
  5. Membuat laporan pertanggung jawaban penyerapan anggaran setiap pengajuan.
  6. Menyimpan dana operasional  pada kas kecil.
  7. Menyetor sisa operasional pada rekening bank.
  8. Menerima slip pembayaran dari mahasiswa.
  9. Menerima bukti penerimaan dari penerima biaya operasional.
  10. Membuat rekapan kemajuan pembayaran setiap bulan.
  11. Melakukan koordinasi dengan bagian-bagian lain.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  13. Melaporkan kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian Rumah Tangga

Bagian rumah tangga mempunyai tugas :

  1. Menjaga kebersihan seluruh ruangan.
  2. Mengajukan kebutuhan peralatan rumah tangga dapur pada pimpinan.
  3. Memberikan pelayanan kepada staff/karyawan/tamu berhubungan dengan konsumsi.
  4. Melakukan pemeliharaan alat-alat rumah tangga.
  5. Mendokumentasikan peralatan rumah tangga dan melaporkannya pada bagian tata usaha setiap bulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian Keamanan (Satpam)

Bagian keamanan mempunyai tugas:

  1. Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan  STIKES.
  2. Membuat usulan tata tertib keamanan kepada pimpinan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian Kemahasiswaan

Bagian Kemahasiswaan mempunyai tugas:

  1. Mengatur  perencanaan PPS/Ospek dengan melakukan koordinasi dengan Puket III.
  2. Mengatur perencanaan registrasi mahasiswa baru dan lama.
  3. Mengatur pembinaan kemahasiswaan.
  4. Mengatur bimbingan akademik/ konseling.
  5. Mengatur mengatur cuti akademik.
  6. Mengatur mengatur perpindahan mahasiswa.
  7. Mengatur mengatur pemberhentian mahasiswa.
  8. Mengatur penghargaan dan sanksi bagi mahasiswa.
  9. Mengatur wisud
  10. Mengatur surat pengembalian mahasiswa.
  11. Mengatur pembinaan alumni.
  12. Mengatur pengabdian masyarakat.
  13. Mengatur pembinaan mahasiswa bermasalah (hamil, kecelakaan, wafat), sakit.
  14. Mengatur  beasiswa.
  15. Mengatur mengembangkan akses data kemahasiswaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perpustakaan

Bagian perpustakaan mempunyai tugas:

  1. Membuat inventarisi kebutuhan buku referensi.
  2. Membuat perencanaan pengadaan kebutuhan buku referensi setiap awal semester.
  3. Melaksanakan pengadaan kebutuhan buku referensi pada setiap awal semester.
  4. Membuat perencanaan pengadaan kebutuhan sarana perpustakaan pada awal semester.
  5. Membuat perencanaan pengembangan sistem pelayanan di perpustakaan.
  6. Menganalisa keadaan sarana dan buku perpustakaan.
  7. Melaporkan kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.
  8. Membuat RAP tahunan bagian perpustakaan.
  9. Melakukan kodifikasi buku perpustakaan.
  10. Melakukan perawatan buku perpustakaan.
  11. Menjaga kebersihan ruangan perpustakaan.
  12. Melakukan pendokumentasian peminjaman buku perpustakaan.
  13. Membuat pelaporan sarana dan buku perpustakaan.
  14. Membantu pelaksanaan akreditasi program studi.
  15. Membuat ketentuan sistem kerja di perpustakaan.
  16. Mensosialisasikan sistem pelayanan perpustakaan kepada mahasiswa.
  17. Menjaga kualitas pelayanan dan inventaris di perpustakaan.
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LPPM

Ketua LPPM

  1. Bertanggung jawab penuh kepada Ketua STIKES mengenai pengelolaan dan pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Senat Akademik;
  2. Menjalankan Program Kerja LPPM sesuai pedoman Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, Pedoman Akademik STIKES dan RENSTRA STIKES
  3. Menyusun, merencanakan, mengembangkan dan mengendalikan fasilitas dan seluruh sumber daya LPPM sesuai pedoman akademik STIKES;
  4. Menyusun program kerja bidang penelitian dan pengembangan IPTEKS serta bidang pengabdian masyarakat sejalan dengan RENSTRA STIKES;
  5. Menyeleksi, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan;
  6. Mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada seluruh Program Studi serta unit lain yang relevan;
  7. Memimpin rapat-rapat rutin dengan pengurus LPPM dan Institusi;
  8. Mengembangkan manajemen penelitian dan pengabdian masyarakat;
  9. Mempublikasikan dan melakukan sosialisasi kepada civitas academica tentang program LPPM;
  10. Menilai proposal usulan LITABMAS para dosen.

Sekretaris LPPM

  1. Membantu mewakili Ketua LPPM bila ketua berhalangan menjalankan tugasnya;
  2. Membantu Ketua LPPM dalam menjalankan Program Kerja LPPM;
  3. Mengkoordinasi dan membina staf LPPM;
  4. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan pada pusat-pusat di LPPM;
  5. Melakukan evaluasi dan pengendalian kegiatan LPPM;
  6. Menyusun laporan tahunan kegiatan dan keuangan LPPM;
  7. Menilai kinerja dan mengendalikan, membina, mengarahkan para pelaksana LPPM dalam melaksanakan tugas rutinnya;
  8. Ikut menilai proposal usulan LITABMAS para dosen;
  9. Menata dan mengkoordinaskan manajemen teknis administrasi LPPM;
  10. Menandatangani format kumulatif angka kredit dosen yang telah melaksanakan LITABMAS;
  11. Menampung semua surat-surat masuk dan memberi paraf setiap surat keluar yang ditandatangani ketua LPPM;
  12. Memimpin rapat-rapat rutin dengan staf LPPM untuk menilai kinerja bulanan;
  13. Mendampingi Ketua LPPM dalam rapat-rapat rutin dengan jajaran pimpinan;
  14. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan menilai hasil kerja pelaksana LPPM;
  15. Melaksanakan urusan kesekretariatan di lingkungan lembaga, berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Tim Penilai

  1. Menetapkan arah dan kebijakan LPPM STIKES bagi terwujudnya Visi, Misi, dan Tujuan STIKES;
  2. Mengevaluasi kinerja tahunan LPPM secara makro berkenaan dengan output dan outcome LPPM;
  3. Menyusun, memantau, dan mengevaluasi program LPPM;
  4. Turut merumuskan tema LITABMAS / payung program LPPM dalam melaksanakan tugasnya;
  5. Ikut menilai proposal usulan LITABMAS para dosen;
  6. Memberikan arahan dan mengembangkan program LPPM;
  7. Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan LPPM.

Unit Pelaksana Penelitian dan Jurnal LPPM

  1. Menyusun pedoman dan etika penelitian bagi dosen serta tata cara pengajuan proposal penelitian;
  2. Menentukan jumlah penelitian yang harus dicapai oleh tiap dosen terkait tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  3. Mempublikasikan hasil penelitian pada tingkat nasional / internasional di jurnal terakreditasi, seminar dll;
  4. Melakukan workshop penelitian, model penelitian kolaborasi, penelitian antar dan multidisiplin, penelitian berorientasi paten, rancangan paten;
  5. Menyusun dan membuat laporan bulanan maupun tahunan tentang kegiatan penelitian yang telah dan sedang dilaksanakan.

Unit Pelaksana Pengabdian Masyarakat LPPM

  1. Menyusun pedoman pengabdian masyarakat bagi dosen serta tata cara pengajuan proposal pengabdian masyarakat;
  2. Menentukan jumlah pengabdian masyarakat yang harus dicapai oleh tiap dosen terkait tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  3. Mengembangkan dan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat yang berorientasi pada penerapan IPTEKS;
  4. Berkolaborasi secara nasional maupun internasional dalam memberikan layanan pelaksanaan continuing education;
  5. Melayani dan melakukan pembinaan pengabdian masyarakat oleh dosen baik mandiri maupun tim;
  6. Mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat pada tingkat nasional / internasional di jurnal terakreditasi, seminar dll;
  7. Memilah, mengevaluasi dan menempatkan hasil pengabdian masyarakat;
  8. Mengembangkan binaan masyarakat di satu kawasan untuk mencari model inovatif sesuai kebutuhan masyarakat;
  9. Mengembangkan model pendidikan masyarakat dengan menggunakan potensi lokal.
  10. Melakukan workshop pengabdian masyarakat;
  11. Menyusun dan membuat laporan bulanan maupun tahunan tentang kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dan sedang dilaksanakan.

Unit pelaksana IT dan SIMLITABMAS LPPM

  1. Menghimpun dan mengadministrasikan usulan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Menyusun dan mencatat semua usulan penelitian dan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa untuk ditindaklanjuti oleh para Ketua Program Studi dan pimpinan LPPM;
  3. Melaksanakan rencana usulan kegiatan yang sudah dihimpun dalam Rencana Kerja LPPM;
  4. Mengusulkan dan merinci berbagai kebutuhan dalam upaya menunjang tupoksi unit pelaksana program;
  5. Merancang agenda sosialisasi program penelitian dan pengabdian masyarakat dari dikti/LPPM ke masing-masing prodi serta unit lain yang dianggap perlu;
  6. Menilai usulan proposal dari aspek kelengkapan teknis administratif sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menilai proposal;
  7. Meningkatkan kualitas portal data base litabmas, publikasi dan diseminasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIT PENJAMINAN MUTU

 

  1. Bertanggungjawab langsung kepada ketua STIKes ‘.
  2. Membuat kebijakan Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada STIKes bersama pihak terkait.
  3. Membuat manual Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada STIKes bersama pihak terkait
  4. Membuat standar Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada STIKes bersama pihak terkait
  5. Membuat formulir/Borang Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada STIKes bersama pihak terkait
  6. Menyusun kebijakan monitoring dan auditing Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada STIKes bersama pihak terkait.
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan SPMI pada STIKes dengan berbagai pihak terkait.
  8. Mengkoordinasikan peningkatan mutu secara berkelanjutan pada STIKes.
  9. Merancang anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan SPMI STIKes.

 

.